Selasa, 14 Juni 2011

TRANSLASI

Pengertian translasi
Translasi adalah proses penerjemahan urutan nukleotida yang ada pada molekul mRNA menjadi rangkaian asam-asam amino yang menyusun suatu polipeptida atau protein.Transkripsi dan translasi merupakan dua proses utama yang menghubungkan gen ke protein. Translasi hanya terjadi pada molekul mRNA, sedangkan rRNA dan tRNA tidak ditranslasi. Molekul mRNA yang merupakan salinan urutan DNA yang menyusun suatu gen dalam bentuk kerangka baca terbuka. mRNA membawa informasi urutan asam amino.

Komponen translasi
Translasi dapat berlangsung memerlukan tiga komponen yaitu :

 1.Molekul mRNA
 2.Molekul tRNA
 3.Ribosom

Tahapan translasi
Translasi terjadi melalui tiga tahapan :
1.Inisiasi
   inisiasi merupakan tahapan awal pada proses translasi. Tahap inisiasi terjadi karena adanya tiga komponen yaitu mRNA, sebuah tRNA yang memuat asam amino pertama dari polipeptida, dan dua sub unit ribosom.
2.Elongasi
   Pada tahap elongasi dari translasi, asam amino-asam amino ditambahkan satu per satu pada asam amino pertam (metionin) . Ribosom terus bergeser agar mRNA lebih masuk, guna membaca kodon II.
3.Terminasi
   Tahap terminasi merupakan tahap akhir dari proses translasi. Elongasi berlanjut hingga kodon stop mencapai ribosom. Triplet basa kodon stop adalah UAA, UAG, dan UGA. Kodon stop tidak mengkode suatu asam mino melainkan bertindak sinyal untuk menghentikan translasi. Polipeptida yang dibentuk kemudian diproses menjadi protein.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar